Jenis Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Manajer Yaitu


Jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu keterampilan untuk mengendalikan, mengoordinasikan dan menggerakkan para bawahan menuju pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan organisasi. Keterampilan manajer itu secara umum disebut dengan Keterampilan Manajemen atau Manajemen Skills. Ringkasnya, yang dikatakan dengan Keterampilan Management ialah pengetahuan dan kekuatan pribadi seorang manager untuk memenuhi kepentingan dalam mengerjakan pekerjaan tertentu serta dalam jalankan peranan manajemennya.

 

Keterampilan manajemen mempunyai peranan penting dalam sebuah organisasi, perusahaan atau usaha. Karena itu seorang manajer harus menguasai manajemen skill supaya pengolalaan organisasi dapat berjalan dengan baik. Dalam sebuah organisasi, kehadiran seorang pimpinan atau manajer mutlak dibutuhkan. Ini karena dalam perusahaan atau organisasi sebaiknya ada seorang yang bisa memimpin, menggerakkan, dan jadi teladan anak buahnya. Pimpinan atau manajer ini sebagai figur yang bekerja melalui pihak lain untuk menggapai apa yang menjadi misi serta visi organisasi atau perusahaan dengan mengkoordinasikan beragam aktivitas yang ada pada organisasinya.

 

Karena peranan khusus seorang manajer untuk memimpin, mendorong, dan menggerakkan pegawai untuk bekerja bersama di dalam meraih arah organiasi, karena itu tiap manajer harus mempunyai keterampilan dasar di bagian management bisnis agar mengatur teamnya secara efisien. Agar bisa mencapai apa yang jadi tujuan perusahaan/organisasi, seorang manajer harus sanggup berencana, mengendalikan, dan mengontrol sumber daya yang ada, termasuk sumber daya manusia. Hingga penting untuk seorang manajer untuk mempunyai kemampuan dan kualitas yang baik agar melaksanakan pekerjaannya secara baik. Skill seorang manajer tidak begitu saja muncul. Kemampuan ini lahir dari satu proses panjang yang terjadi secara perlahan-lahan melalui proses pengamatan dan pembelajaran.

Lalu apa saja jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Artikel terkait : Training Rantai Pasokan Dan Manajemen Inventaris

 

jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu

 

Jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu:

 

A. Keterampilan Teknis (Technical Skills)

 

Keterampilan Teknis ini ialah Kemampuan atau pengetahuan untuk memakai tehnik tertentu dalam melakukan pekerjaan atau tugas tertentu. Mempunyai keterampilan tehnis sebagai perbekalan yang penting dimiliki oleh seorang manajer, maka dari itu ia bukan hanya mengerti konsep, tetapi dapat membuat efisiensi dan efektivitas.Ketrampilan tehnis terkait dengan beberapa hal yang sifatnya operasional atau terkait langsung dengan penerapan tugas. Misalnya seperti kapabilitas dan pengetahuan untuk membuat produk, membenahi mesin, menjalankan mesin, membuat computer, membuat program computer, mempersiapkan pembukuan dan neraca keuangan, menjajakan produk, membuat lagu, mengolah makanan dan lain-lain.

 

Keterampilan ini benar-benar diperlukan untuk menuntaskan pekerjaan secara efektif dan memecahkan persoalan tehnis yang menjadi kendala pekerjaan.Tapi juga keterampilan yang diperlukan untuk menaikkan pemasaran, membuat beragam tipe produk dan pelayanan, serta memasarkan layanan dan produk. Keterampilan Tehnik ini sebagai keterampilan yang penting untuk manajer pada tingkat pertama tetapi kurang penting atau mungkin tidak penting untuk dipunyai oleh management tingkat atas. Mempunyai kapabilitas dalam sektor data tehnologi atau sektor yang lain sebagai keunggulan atau nilai plus untuk seorang manajer.

 

Beberapa contoh keterampilan teknis yang harus dimiliki seorang manajer antara lain:

 

1. Keterampilan Manajemen Waktu

Seorang manajer harus sanggup mengatur waktu untuk mendapat hasil yang optiomal. Kemampuan ini akan diuji di saat membuat gagasan suatu proyek, di mana bukan hanya permasalahan manajemen waktu saja yang perlu jadi perhatian, tetapi juga membuat skala prioritas.

 

2. Manajemen Keuangan

Manajer dengan kemampuan manajemen keuangan yang bagus bisa melaksanakan perencanaan biaya operasional lebih maksimal. Akhirnya, perusahaan bisa mendapat keuntungan dengan optimal.

Tidak hanya itu saja, pengetahuan manajemen keuangan akan mempermudah manajer untuk membuat laporan keuangan dengan tepat. Dengan demikian, potensi munculnya penyimpangan dana perusahaan bisa diminimalkan.

 

Baca juga : CONTOH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG

 

3. Pengelolaan SDM

Keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang manajer ialah sanggup mengatur beberapa sumber daya di perusahaan. Sumber daya manusia merupakan asset bernilai yang dimiliki perusahaan. Bila tidak dikendalikan secara baik, maka akan susah untuk menggapai kemampuan optimal dari SDM itu. SDM yang bagus ialah asset untuk bisnis. Dengan ketrampilan managerial yang baik pada pengelolaan SDM, maka usaha perusahaan akan  beroprasi secara otomatis, terorganisir, dan rapi hingga proses bekerja akan berjalan lebih terukur dan sesuai target yang diinginkan. Jika perusahaan mempunyai figur manajer dengan kemampuan seperti itu, bisa dipastikan perusahaan akan beroprasi secara otomatis. Dengan pengelolaan SDM yang maksimal, semua pegawai bisa bekerja lebih terukur, terorganisir, dan teratur untuk sampai pada target organisasi. Akhirnya, perusahaan akan makin sejahtera dari waktu ke waktu.

 

4. Keterampilan kepemimpinan

Manajer harus betul-betul memiliki kemampuan teknis seorang pemimpin dan tidak menghiraukan beberapa hal yang tak perlu, karena dalam menjalankan program kerja dan evaluasi memerlukan loyalitas dan keteguhan. Manajer yang memiliki keterampilan dalam memimpin akan menggerakkan terbentuknya kepercayaan di lingkungan kerjanya dan membuat divisi kerja yang kompak.

 

Masih banyak kemampuan teknis yang haris dimiliki seorang manajer. Beragam keterampilan itu sebagai kemampuan teknis yang perlu dipunyai seorang manajer agar bisa jalankan pekerjaannya secara professional dan efisien.

 

Baca juga : Training Aplikasi Manajemen Dan Perencanaan Strategis

 

Keterampilan Teknis

 

 

 

B. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)

 

Keterampilan Konseptual ialah kemampuan manajer untuk memandang seluruh organisasi sebagai satu substansi yang komplet. Keterampilan Konseptual ini mencakup pengetahuan mengenai kerjasama tiap unit kerja di dalam organisasi dan pengetahuan mengenai keterikatan satu unit kerja dengan unit kerja yang lain, peralihan di suatu unit kerja akan memengaruhi unit kerja atau bagian yang lain.

 

Keterampilan konseptual bermanfaat untuk menentukan arah organisasi, merangkum ide usaha, membuat strategi perusahaan, mengatur semua departemen, memaksimalkan sumber daya, memperlebar pasar, dan meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan. Ini berkaitan dengan kemampuan saat membuat rancangan, gagasan dan mengemukakan buah pikiran untuk perkembangan perusahaan. Keterampilan ini mencakup pengetahuan mengenai interaksi antar lembaga, industri serta warga masyarakat dan pengetahuan mengenai dampak faktor politik, sosial dan keadaan ekonomi satu negara pada perusahaannya. Beberapa ide itu dituangkan dalam gagasan pekerjaan atau kerap dikatakan rencana prakerja. Disamping itu manajer sebaiknya mempunyai misi ke depan, visi yang pasti, program kerja yang aktual, dan mengontrol keunggulan kompetitif di dalam organisasi.

 

Dengan pengetahuan dan pemahaman itu, seorang manajer tingkat tinggi atau Top Manajemen bisa mengerti keadaan usaha secara keseluruhan dan mengambil perlakuan yang pas untuk keberhasilan organisasinya. Keterampilan Konseptual ini penting untuk Management Tingkat Tinggi (Top Manajemen) tetapi kurang penting untuk manajemen tingkat menengah dan tidak diwajibkan untuk manajemen tingkat pertama. Keterampilan Konseptual ini kerap dikatakan dengan Ketrampilan Analitis (Analytical Skill) atau Ketrampilan Perseptual (Perceptual Skill).

 

Beberapa contoh Keterampilan Konseptual yang harus dimiliki seorang manajer antara lain:

 

1. Perencanaan dan pemikiran strategis

Meskipun penting untuk mengerti lebih dalam, pada waktu yang sama seorang manajer perlu memikirkan gambaran yang besar dalam bisnis. Untuk itu, seorang manajer harus mempunyai kemampuan untuk melaksanakan perencanaan strategis, yang mencakup memperhitungkan prosedur peningkatan kinerja secara professional dan terus-menerus (CPD).

Seorang manajer dapat minta pendapat, gagasan, dan pemikiran dari anggota team. Menggerakkan mereka untuk berperan serta sebagai team dalam rencana capai target perusahaan agar bisa lebih cepat tercapai.

 

2. Kreatif dan Inovatif

Kompetisi bisnis bertambah ketat dari hari ke hari. Bila tidak kreatif dan inovatif, perusahaan akan semakin tertinggal. Menyebabkan, keuntungan pun bertambah jadi menurun karena pelanggan mulai beralih pada pesaing.

Seorang manajer yang kreatif dan inovatif bisa menolong perusahaan untuk menciptakan beberapa hal baru . Maka, perusahaan bisa makin bersaing dan sanggup berkompetisi dengan pesaing yang lain.

 

3. Sanggup Menuntaskan Permasalahan

Kemampuan menciptakan sebuah konsep yang menuntaskan permasalahan atau problem solving ialah keterampilan penting lainnya. Manajer yang baik harus mempunyai kemampuan dalam menangani semua permasalahan yang ada sepanjang perusahaan beroprasi. Problem solving dalam kemampuan manajemen melibatkan analisis permasalahan atau kondisi tertentu dan mendapatkan metode terbaik untuk mengatasi permasalahan itu dan memperoleh jalan keluar terbaik. Saat seorang manajer mempunyai keterampilan problem solving yang luar biasa, ini akan membedakan kemampuan dari sang manajer dengan anggota karyawan yang lain dan akan memunculkan keyakinan dari pegawai yang di bawahnya.

 

Artikel terkait : Kenali Macam-Macam Sertifikasi Profesi 

 

Keterampilan Konseptual

 

 

C. Keterampilan Manusiawi (Humanity Skills)

 

Keterampilan Manusiawi atau Humanity Skill ini ialah kemampuan manajer untuk berhubungan secara efisien dengan anggota organisasinya dan membuat wawasan serta usaha kooperatif dalam team yang dipegangnya. Keterampilan ini memungkinkan beberapa manajer menjadi pemimpin dan mendorong pegawainya untuk memperoleh prestasi kerja yang lebih bagus. Disamping itu, beberapa Manajer harus juga bisa manfaatkan kemampuan pegawainya secara efisien di perusahaan.

 

Komunikasi sebagai satu diantara sisi yang paling penting dalam Keterampilan ini. Komunikasi yang bagus dan efisien akan memberi imbas positif pada karier manajer yang berkaitan dan dalam pencapain arah organisasi. Keterampilan Manusiawi atau Humanity Skill ini penting untuk semua jenjang management pada sebuah perusahaan atau organisasi. Keterampilan ini dikatakan sebagai Keterampilan Interpersonal (Antarpribadi) atau Human Skill (keterampilan kemanusiaan).

 

Beberapa contoh Keterampilan Manusiawi yang harus dimiliki seorang manajer antara lain:

 

1. Keterampilan komunikasi

Seorang manajer handal harus memiliki kemampuan komunikasi, secara verbal dan nonverbal, termasuk juga kemampuan untuk mendengarkan. Dalam tugas, manajer akan menghadapi beragam kondisi yang kemungkinan memerlukan pemaparan. keterampilan ini akan membantu Anda mengemukakan tujuan dan misi visi Anda, sekaligus mendapat dukungan. Sedangkan, communication skill seorang manajer sangat diperlukan dalam mengatasi perselisihan internal pegawai. Masalahnya seringkali kesalahpahaman terjadi di antara anggota team. Di sini, kemampuan mendengarkan Anda sangat diperlukan. Tanpa berpihak, tanpa memojokkan salah satu pihak yang berselisih.

 

Saat manajer sanggup menguasainya, sebuah jalinan baik akan terjaga. Jalinan di antara manajer dan anggota team yang bagus akan membuat lingkungan tugas yang sehat. Anda tidak enggan memberikan motivasi, anggota team tidak enggan menerima saran. Seorang manajer harus sanggup berhubungan secara baik dengan beberapa orang. Saat berbicara dengan bawahan, karena itu ia harus bisa berbicara secara persuasif dan bersahabat. Saat berbicara dengan rekanan kerja harus sama-sama menghargai dan saat berbicara dengan jajaran manajemen dan pelanggan, ia harus bisa melayaninya secara baik. Mengontrol komunikasi yang bagus dengan seluruh orang akan menggerakkan orang-orang disekelilingnya menjadi team yang baik.

 

2. Keterampilan mentorship

Meskipun memutuskan dan memecahkan permasalahan menjadi kemampuan paling penting yang dikehendaki, seorang manajer yang bagus sanggup memberi tuntunan pada anggota team. Tidak hanya itu, Anda pun perlu membagi kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang anda miliki ke orang lain. Mentorship mencakup memberikan contoh dan arahan yang tepat kepada anggota team, karena Seringkali, keberhasilan seorang manajer dinilai dari keberhasilan tiap-tiap anggota teamnya.

 

3. Kecerdasan Emosi

Seorang manajer akan menghadapi beragam karakter manusia, baik sebagai rekanan usaha atau customer usahanya. Oleh karenanya, seorang manajer yang bagus, dituntut untuk mempunyai manajemen emosi yang bagus dan selalu berkepala dingin, saat menghadapi watak manusia yang unik, supaya tidak merusak reputasi usaha mereka.

 

4. Keterampilan Memotivasi

Lingkungan kerja rawan akan ada depresi di kalangan pegawai. Terutama bila perusahaan mempunyai tempo kerja yang cepat. Jika ada pegawai yang merasakan depresi pasti bisa memengaruhi daya produksi perusahaan. Untuk menangani hal itu, perusahaan perlu menunjuk figur manajer yang sanggup memberi motivasi kerja ke pegawai. Dengan hal tersebut, mental beberapa karyawan perusahaan terus terbangun.

 

Baca juga : Training Manajemen, SDM, Pengembangan Kapasitas Dan Hubungan Internasional

 

Keterampilan Manusiawi

 

Demikianlah pejelasan dan sedikit contoh keterampilan atau kemampuan yang perlu dipunyai seorang manajer yang handal. Bisa dikatakan jika seluruh ketrampilan yang dibutuhkan oleh manajer dalam jalankan fungsi manajemen telah diringkas dalam tiga keterampilan manajemen dasar ini. Misalnya seperti Ketrampilan Pengaturan atau Controlling Skill, seorang manajer bisa mengontrol pegawainya lewat ketrampilan managerial dasar yang dimilikinya yakni ketrampilan berhubungan dengan orang lain (Humanity Skill) yang sudah diterangkan sebelumnya.

 

Kita mengambil contoh  jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu seperti ketrampilan mengambil keputusan atau Decision Skills, sebuah keputusan akan diambil secara tepat jika seorang manajer mempunyai keterampilan konseptual. Untuk keputusan yang terkait dengan tehnis tugas, seorang manajer akan memutuskan yang pas jika manajer itu mempunyai ketrampilan teknis yang baik.

 

Bimtek 2022halo psikologOnline Training 2022, Training Schedule 2022In-House TrainingIndonesia training centreIndonesia training providerInformasi Jadwal training 2022Jadwal training 2022Jadwal training 2022 2023lembaga pelatihanlembaga pelatihan perusahaanLembaga Pelatihan SDMlembaga pelatihan sumber daya manusialembaga trainingPelatihan 2022